Zaky Irsyaduddin: Kita Hanya Perlu Beri Dukungan, Motivasi, dan Inspirasi untuk Anak-anak


ZAKY IRSYADUDDIN, S.Pd.
termasuk sosok guru luar biasa. Betapa tidak, dedikasinya sebagai guru Bahasa Indonesia sekaligus Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum di MA Miftahussa’adah Kota Cimahi tak diragukan lagi. Ia telah mengabdi di madrasah sejak 2009 hingga sekarang sebagai guru yayasan. Belum mendapat TPG dan kategori guru non-PNS dengan karya buku yang diterbitkan oleh penerbit ternama di Indonesia.


Zaky lahir di Desa Arombu Sulawesi Tenggara, pada 13 April 1987. Mengawali pendidikan di SDN 2 Unaaha (1999), SMPN 2 Unaaha (2002), SMK Pusdikhubad Cimahi (2005). Gelar sarjana pendidikan diperoleh dari prodi Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Siliwangi (2013). Selain 
pendidikan formal, juga pernah mengikuti pelatihan diantaranya dari Balai Diklat Keagamaan Bandung & Balitbang Kemenag RI dengan nilai 91,60 (Lulus Kompeten).

Selain mengajar Zaky merupakan sosok yang aktif dalam menulis. Dua buah karya buku nonfiksinya telah berhasil diterbitkan. Novel Madrasah Hati diterbitkan Nulisbuku.com (2015) dan Novel Aku Tak Pernah Bersedih oleh Penerbit Kaifa Publishing (2018).

Selama lebih dari 14 (empat belas) tahun mengabdi di MA Miftahussa’adah Kota Cimahi ia menyadari Indonesia dianugerahi anak-anak yang begitu cerdas, cemerlang bahkan jenius. Anak-anak yang memiliki kesungguhan & kegigihan yang luar biasa dalam berjuang meraih impiannya. Meskipun diselimuti tembok-tembok kesulitan hidup yang memerihkan hati.

“Namun mereka tidak pernah menyerah! Kita hanya perlu memberikan dukungan, motivasi, dan inspirasi agar potensi yang mereka miliki menjadi emas yang membuat Indonesia gemilang di masa depan nanti.” ujarnya.


Saat ditanya mengenai kesejahteraan sebagai guru yayasan selama ini, Zaky menjawabnya dengan singkat.

“Alhamdulillah, disyukuri semua pemberian Allah SWT, cukup,” pungkasnya.

Deni Kurniawan As'ari/PGMIndonesiaKotaCimahi 

Lebih baru Lebih lama