66 Siswa Anggota Pramuka Kota Cimahi Berpartisipasi dalam Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Jabar


PGMIndonesia – Kota Cimahi | Tak 
 kurang dari 66 siswa MI dan MTs Se-Kota Cimahi turut berpartipasi menjadi peserta Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Jawa Barat, Sabtu-Senin (12-14/8/2023) di Bumi Perkemahan, Kiara Payung, Sumedang.  Jambore ini diikuti oleh 8.500 siswa yang merupakan siswa madrasah berbagai tingkatan di Jawa Barat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cimahi Hj. Baiq Raehanun Ratnasari, M.H. Kasie Pendidikan Madrasah H. Agus Salman, M.Ag, Pimpinan Saka Amal Bakti Pramuka Kemenag Cimahi Dede Karya Zaenuddin, S.Ag., M.Pd. Pengawas Madrasah, Ketua KKMTs Kota Cimahi H. Abdul Aziz, S.Ag. S.Q. Ketua KKMI Kota Cimahi Ahmad Rumli, S.Ag, Kepala MTsN Kota Cimahi Hj. Eulis Nurhasanah, M.Pd. dan sejumlah Kepala MTs dan MI hadir saat pembukaan jambore yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Barat, H. Ajam Mustajam, M.Si. 

Tema yang diusung panitia jambore yaitu “Ceria Bersama, Mandiri dan Berprestasi". Setidaknya ada empat tujuan dari penyelenggaraan jambore. Pertama, menumbuh kembangkan Pelajar Pancasila yang rahmatan lil alamin, sebagai karakter di lingkungan Pramuka Madrasah. Kedua, mewujudkan Tri Satya dan Dasa Darma anggota Gerakan Pramuka dalam menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat, ketiga, berkembangnya jiwa korsa anggota Gerakan Pramuka sebagai upaya untuk menggalang persatuan dan kesatuan generasi muda. Terakhir, meningkatkan rasa pengabdian dan kepedulian anggota Gerakan Pramuka terhadap masyarakat, bangsa dan negara.




Menurut Ayi Dindin Sahidin, S.Ag Pembina Pramuka Gudep MTsN Kota Cimahi yang juga Pengurus PGM, Kota Cimahi menerjunkan 66 siswa.


"Rinciannya MI 5 regu, MTsN 2 regu, MTsS 2 regu," ujarnya.


Slamet Burhanudin, S.Ag selaku panitia Jambore Kota Cimahi yang juga Sekretaris Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) memberikan testimoni saat berada di lokasi jambore.


"Seru, malam dingin. Kalau  siang panas...," tutur Burhan. 


Jenis kegiatan yang dilaksanakan pada Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Provinsi Jawa Barat 2023 terdiri atas Kegiatan Umum yaitu upacara pembukaan dan upacara penutupan. Kegiatan Rutin  berupa ibadah, olahraga, upacara bendera,  dan kurve.


Berikutnya kegiatan persaudaraan dan seni budaya meliputi anjangsana, malam selamat datang dan kebersamaan,  serta karnaval budaya Jawa Barat. Terakhir  malam keakraban dan pentas kreasi seni.


Adapun pengembangan wawasan dan keterampilan terdiri atas wide games, pengenalan satuan karya, jumpa tokoh,  mitigasi bencana,  pionering,  kerajinan, napza dan kegiatan Pinkoncab & Bindamping terdiri dari kegiatan pimpinan kontingen berupa forum pinkoncab, dan kegiatan pembina pendamping.


Lebih baru Lebih lama