MGMP IPA MTs Jadi Wahana Menambah Wawasan Keilmuan

Oleh: Deni Kurniawan As’ari | Guru PPKn MTsN Kota Cimahi


PGMIndonesia-Kota Cimahi | Salah satu sosok yang begitu aktif dalam menghidupkan MGMP di Kota Cimahi ada nama Drs. D. Suryagandi. M.Pd.  Ia menakhodai MGMP IPA MTs Kota Cimahi sejak 2010 hingga sekarang. Cukup banyak kegiatan yang berhasil dilaksanakan. Termasuk saat mendapat bantuan Block Grant  untuk kegiatan MGMP dari kemenag pusat. Selain itu pertemuan guru IPA MTs rutin digelar dengan tempat bergiliran. Adakalanya di MTs negeri dan seringkali di MTs lainnya. Iuran anggota saat pertemuan pun berjalan dengan baik.

Alhamdulilah kegiatan di MGMP menyenangkan dan dapat menambah wawasan keilmuan untuk kemajuan guru IPA MTs di Kota Cimahi,” terangnya.


Selain di MGMP IPA MTs Cimahi, Suryagandi terlibat dalam kepengurusan MGMP IPA MTs tingkat Provinsi Jawa Barat dan mendapat amanah sebagai wakil ketua periode 2022-2025.


Suryagandi bersama keluarga

Suami dari Rina Heryansih  (Guru PNS SMPN 15 Cimahi) ini lahir di Kota Tauco, Cianjur, 12 Januari 1968. Kini usianya sudah genap 55 tahun.


Awal karirnya jadi guru di SMA Pasundan 1 Cimahi tahun 1994 sampai 2008. Sejak tahun 1997 diangkat jadi guru PNS di MTsN Jatisari, Karawang dan mengabdi sampai tahun 2000. Mengingat keluarganya berada di Cimahi, sejak tahun 2000 ia mutasi ke MTsN Kota Cimahi sampai sekarang.


Saat ditanya tentang suka duka jadi guru madrasah. “Pokoknya menyenangkan walaupun harus banyak beradaptasi dengan lingkungan terutama karena madrasah adalah sekolah berbasis keagamaan,” tuturnya. Hal ini dapat dipahami mengingat awal mula jadi guru ia bertugas di SMA yang notabene sekolah umum.


Ayah dari Algifari Oktaviana Riyandi (Karyawan Swasta) dan  Annadhofatu Insanul Akmal (Mahasiswa UNS Solo) ini memiliki motto yang unik.  Satu hati, 6 prinsip dan 5 langkah. Entah bagaimana maknanya hanya ia sendiri yang mengetahuinya. 


"Intinya untuk meraih kesuksesan harus  memiliki niat dan prinsip yang kuat, disertai  langkah dan usaha yang sungguh-sungguh. Insya Allah suatu saat akan tercapai apa yang dicita-citakan," katanya sembari tersenyum.


Hobinya bersepada dan hampir setiap Sabtu, Suryagandi gowes keliling Cimahi. “Paling sering gowes di Brigif. Di sana lari beberapa putaran sampai dapat keringat,” ujar guru yang sebentar lagi akan meraih golongan IVC.


Suryagandi mengikuti pendidikan pada MI Campaka (1975-1981). Kemudian SMPN Campaka (1981-1984), selanjutnya  SMAN 2 Bandung (1984-1987). Gelar sarjana pendidikan diperolehnya dari jurusan Biologi di FKIP UNPAS Bandung (1987-1991). Adapun gelar magister pendidikan diperoleh dari STKIP Pasundan Cimahi tahun 2012.


Sebagai seorang guru madrasah di Kota Cimahi, ia menaruh harapan pada PGM. 


“Saya berharap PGM Kota Cimahi menjadi organisasi yang mampu membawa kemajuan bagi guru-guru madrasah di Kota Cimahi. Adakan kegiatan yang sekiranya akan membekali para guru madrasah dalam meningkatkan kompetensinya,” terang Kepala Lab. IPA dan salah satu pengurus Gerakan Literasi Madrasah (GLM) MTs Negeri Kota Cimahi tersebut.

***

Sebagian dokumentasi kegiatan MGMP IPA MTs Kota Cimahi


Lebih baru Lebih lama