PGM Indonesia Kota Cimahi Sukses Gelar Webinar Nasional Artficial Intelligence


PGMIndonesia - Cimahi | Pimpinan Daerah Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Indonesia Kota Cimahi selenggarakan Webinar Nasional dengan tema Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembuatan Perangkat Pembelajaran, melalui zoom meeting, Sabtu (9/12/2023).


Webnas yang diikuti oleh para guru RA/madrasah se-Kota Cimahi, mahasiswa, dan guru dari provinsi lain sebanyak 150 orang ini bertujuan membahas Artificial Intelligence dikaitkan dengan penggunaan/pemanfaatannya dalam pembuatan per angkat pembelajaran. 

Hadir Kasi Pakis Kemenag Kota Cimahi mewakil Kepala Kemenag Cimahi, Drs. H. Nur Mauluddin, Ketua KKRA Kota Cimahi Hj. Siti Zakiyah, M.Pd, Ketua KKMI Kota Cimahi Ahmad Rumli, S.Ag, Ketua KKMTs K.H. Abdul Azis Alhafidz, S.Ag, Ketua KKMA Kota Cimahi Hendra Dermawan, S.Pd dan jajaran pengurus PGM lainnya. 


Tampil dua narasumber yang kompeten di bidangnya yakni Obby Taufik Hidayat, M.Pd. dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang juga mahasiswa S3 di Universiti Malaya Kuala Lumpur. Kedua Ismiati Purwaningsih Subiana, S.Pd. Guru MTs Asih Putera yang menjabat Kabid Sumber Daya Manusia (SDM) PD PGM Indonesia Kota Cimahi. 


Ketua PD PGM Indonesia Kota Cimahi, Abdul Qohar, S.Pd.I. dalam sambutannya menyampaikan bahwa webinar nasional merupakan kegiatan perdana pasca raker beberapa bulan lalu. 


“Saya ucapkan terima kasih kepada pengurus khususnya bidang SDM yang telah merealisasikan salah satu program kerjanya. Ucapan terima kasih juga kepada Kepala Kemenag beserta jajarannya, para ketua KKM, para kepala RA/madrasah dan para guru atas supportnya kepada PGM selama ini,” ujar Qohar yang biasa dipanggil pak ustadz. 


Kasi Pakis Kemenag Kota Cimahi Drs. H. Nur Mauluddin mewakili Kepala Kemenag Cimahi menyambut baik kegiatan webinar. “Era sekarang guru dituntut untuk melek dan memanfaatkan teknologi, salah satunya pemanfaatan Artificial Intelligence untuk mendukung dalam pembelajaran,” ungkapnya.


Beliau menambahkan PGM sebagai wadah professional para guru madrasah diharapkan mampu menjembatani para guru dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme. “Selamat dan sukses untuk PGM Kota Cimahi,” terang pak kasi.


Sementara itu, Obby Taufik Hidayat dalam paparanya menjelaskan tentang apa itu artificial intelligence, perkembangannya, dan bagaimana guru harus adaftif dan memanfaatkannya dengan bijak. Ia juga membahas tujuan pendidikan, revolusi industri 4.0 sebagai konten bidang ilmu, revolusi pendidikan education 1.0 – education 4.0, sampai disruptive science and technology innovation. Selanjutnya dibahas revolusi industri 4.0 sebagai kerangka pikir dan kerangka kerja, juga ciri-ciri dari siswa zaman now dan guru zaman now. 


Menurutnya guru zaman now dituntut untuk kuat pengetahuan dasarnya (core competence). Selain itu mampu berkolaborasi (collaborative), menguasai dan menggunakan teknologi untuk pembelajaran, passion, dan menginspirasi para siswa. 


“Dan yang tak kalah penting guru zaman now harus mampu menjadi teman bagi para siswa dalam learning journey dan role model bagi para siswa dalam pembentukan karakter,” ujar dosen berprestasi yang asli Cimahi tersebut. 


Adapun Ismiati Purwaningsih Subiana guru berprestasi yang saat ini sedang kuliah S2 di UPI dengan beasiswa LDPP membahas tentang bard google yang dapat dimanfaatkan para guru dalam pembuatan perangkat pembelajaran. 


“Bard.ai itu merupakan program artificial intelligence (AI) berbasis language model bernama LaMDA (Language Model for Dialogue Applications) buatan Google yang dirilis pada bulan Mei 2023 lalu,” papar Ismi.


Menurut Ismi berbeda dengan yang lain, setidaknya ada tiga kelebihan dari Bard.ai. Pertama gratis, kedua, internet real time, dan ketiga, respon langsung pada intinya. Menurutnya Bard google ini juga bisa diakses melalui hape. Bahkan tampilan dan hasil pencarian akan sama dengan di laptop jika akun yang dipakai juga sama,


Ia kemudian menjelaskan langkah-demi langkah secara praktek penggunaan bard.ai tersebut. Para peserta yang menggunakan laptop bisa langsung mempraktekkannya. 


 “Silakan bapak ibu bisa bereksplorasi, jika ada yang perlu didiskusikan WAG peserta bisa menjadi sarana saling berbagi pengalaman,” pungkasnya. 


Tanggapan peserta melalui chat zoom begitu positif. “Terima kasih banyak atas ilmunya. Terima kasih PGM Cimahi,” ujar Enok Siti Rohanah, SE.M.Si dari MTs PUI Ciawigebang Kuningan. Pendapat senada dikemukakan Siti Nurhayati, S.Pd (MTs Fatahillah) yang menyampaikan bahwa materi webinar sangat membantu dalam melaksanakan tugas di madrasah terutama saat penyusunan perangkat pembelajaran.  


Deni Kurniawan As'ari/pgmcimahi

Lebih baru Lebih lama